Pages

Thursday, 20 August 2020

#IniUntukKita -[WPC Mart : Kami Bersatu Untuk Maju]

#IniUntukKita[WPC Mart : Kami Bersatu Untuk Maju]

 

#DiRumahAja# #KamiyangAntar# adalah tagline yang tertulis dimana saja di masa pandemic covid19 ini. Gerakan WPC Mart adalah gerakan yang terbentuk karena Kami anggota Komunitas WomenPreneurCommunity tidak mau menyerah  dengan keadaan yang sulit karena pandemic.

WPC Mart terbentuk dari bulan April 2020 dimana seluruh anggota komunitas ini bahu membahu saling sharing kondisi dan sepakat untuk tidak menyerah dengan kondisi. Produsen di WPC Mart ini adalah semua pengusaha wanita yang tergabung di komunitas dimana produk yang dijual adalah produk yang sudah dikurasi. Sedangkan penjual yang tergabung adalah semua yang terkena dampak pandemic dimana ada yang kekurangan pendapatan karena bisnis menurun, karena terkena PHK baik dirinya maupun keluarganya dan yang ingin punya pendapatan lebih.

WPC Mart adalah platform belanja online berbasis komunitas, dimana marketer/ penjual produk cukup bermodal jempol dan kuota untuk promosi tanpa mengeluarkan uang untuk beli produk terlebih dahulu dan tidak perlu repot untuk packing dan mengirimkan barang. Katalognya pun sudah dalam bentuk digital didukung oleh team imooji.com yang selalu bergandengan tangan support WPC. Katalog bisa dilihat di bit.ly/WPCkatalogbelanja. Pemasaran dilakukan lewat fB , Instagram dan Whatsapp group.

Aku tergabung menjadi marketer WPC mart dari bulan April dan pengalaman selama menjadi marketer banyak sekali. Pastinya banyak menyenangkan dibandingkan yang tidak menyenangkan. Sebagai pelaku usaha yang bergerak di bidang jasa craft trip sudah pasti dampak covid19 ini sangat berasa. Bagaimana mungkin memikirkan untuk ikutan trip sedangkan untuk makan sehari-hari saja banyak yang sudah kesulitan. Menyerah tidak ada dalam kosa kataku, ditambah semangat dari Mentor dan teman-teman komunitas WPC menyulut semangat untuk terus maju. Hasilnya lumayan sekali selalu masuk dalam 10 besar dari team penjualan.

Produk yang dijual apa saja ada, dari makanan siap saji, bumbu-bumbu siap saji, beras, minyak, kebutuhan pokok, produk kebersihan seperti sabun mandi, sabun pencuci pakaian, desinfectan semua ada. Semua kualitas produknya sudah terjamin, yang asyik bisa jajan produk unggulan dari penjuru Nusantara ini. Mau wedang Dayak dari Kalimantan ada, mau sambal Roa dari Sulawesi ada, mau abon kelapa dari Purbalingga ada. Mau selat solo , roti bekatul dari Semarang semua ada dan tersedia. Mau aneka minuman segar dan alami ada, mau jamu corona ada. Mau jaket anti corona sama masker dari NTT ada. Jadi gabung disini menjadi marketer bisa beli dan cicipin makanan unggulan dari seluruh Nusantara.

Ada kisah lucu dimana ada produk kopi Klasik Bean yang merupakan kopi official Olimpiade Tokyo sekaligus kopi yang menjaga kelestarian hutan masuk ke katalog, dengan sangat percaya diri aku menjual produk ini meskipun bukan penggemar kopi. Kebetulan pembeli kopinya adalah penggemar berat kopi dan banyak bertanya tentang kopi yang dijual dan tara berbekal katalog saja ternyata tidak cukup. Pengalaman ini membuatku harus belajar paham mengenai jenis kopi, bagaimana pengolahan biji kopi dan perbedaan rasa dari masing-masing kopi. Asyiknya di WPC Mart ini begitu lapor tidak paham jenis kopi, maka langsung ditraining oleh Ahli Kopi. Tambah ilmu berjualan, tambah ilmu mengenai kopi.

WPC Mart ini benar-benar support baik produsen maupun marketernya, semua dididik dan dilatih lewat zoom. Komunikasi berjalan di whatsapp group, diajarkan pentingnya menggunakan whatsapp business. Ilmu menjual juga diajarkan dimana harus soft selling dengan adanya story telling pada saat menjual produk. Dari awal berdirinya WPC mart semua mandiri dari anggota komunitas, semua saling support ,saling dukung memberikan masukan satu sama lain sehingga semua semangat untuk memulihkan kondisi bisnis, tidak ada istilah senior dan yunior semua saling belajar.

Saat menggembirakan adalah saat produsen yang kita pasarkan menginformasikan bahwa foto produk yang diambil buat promosi dan diikutkan untuk direview oleh Gubernur Jawa Tengah di “LapakGanjar” dan bahkan sampai diendorse oleh artis Ari Lasso. Wow bangga pastilah produk teriGo dari Blora diendorse artis terkenal dan bahkan Pak Ganjar ingat di salah satu wawancaranya.

Ekosistem perlu dibangun agar UMKM kembali bangkit, ekonomi masyarakat bisa dipulihkan dan resesi bisa dihindari dengan hanya membeli produk lokal dan mendukung UMKM.

Ayo belanja produk berkualitas dari UMKM perempuan di WPC Mart.

Mau gabung jadi marketer WPC Mart juga bisa ya bisa hubungin WA 0812-9514-8664.

No comments:

Post a Comment

Pagi ini

  Setelah berhari-hari cuaca mendung, melihat langit biru sangat memukau hati. Keceriaan dan cerahnya langit membuat hati makin semangat bek...