#IniUntukKita[WPC
Mart : Kami Bersatu Untuk Maju]
#DiRumahAja# #KamiyangAntar# adalah tagline yang
tertulis dimana saja di masa pandemic covid19 ini. Gerakan WPC Mart adalah
gerakan yang terbentuk karena Kami anggota Komunitas WomenPreneurCommunity
tidak mau menyerah dengan keadaan yang
sulit karena pandemic.
WPC Mart terbentuk dari bulan April 2020 dimana
seluruh anggota komunitas ini bahu membahu saling sharing kondisi dan sepakat
untuk tidak menyerah dengan kondisi. Produsen di WPC Mart ini adalah semua
pengusaha wanita yang tergabung di komunitas dimana produk yang dijual adalah
produk yang sudah dikurasi. Sedangkan penjual yang tergabung adalah semua yang
terkena dampak pandemic dimana ada yang kekurangan pendapatan karena bisnis
menurun, karena terkena PHK baik dirinya maupun keluarganya dan yang ingin
punya pendapatan lebih.
WPC Mart adalah platform belanja online berbasis komunitas,
dimana marketer/ penjual produk cukup bermodal jempol dan kuota untuk promosi
tanpa mengeluarkan uang untuk beli produk terlebih dahulu dan tidak perlu repot
untuk packing dan mengirimkan barang. Katalognya pun sudah dalam bentuk digital
didukung oleh team imooji.com yang selalu bergandengan tangan support WPC.
Katalog bisa dilihat di bit.ly/WPCkatalogbelanja. Pemasaran dilakukan lewat fB
, Instagram dan Whatsapp group.
Aku tergabung menjadi marketer WPC mart dari bulan
April dan pengalaman selama menjadi marketer banyak sekali. Pastinya banyak
menyenangkan dibandingkan yang tidak menyenangkan. Sebagai pelaku usaha yang
bergerak di bidang jasa craft trip sudah pasti dampak covid19 ini sangat
berasa. Bagaimana mungkin memikirkan untuk ikutan trip sedangkan untuk makan
sehari-hari saja banyak yang sudah kesulitan. Menyerah tidak ada dalam kosa
kataku, ditambah semangat dari Mentor dan teman-teman komunitas WPC menyulut
semangat untuk terus maju. Hasilnya lumayan sekali selalu masuk dalam 10 besar
dari team penjualan.
Produk yang dijual apa saja ada, dari makanan siap
saji, bumbu-bumbu siap saji, beras, minyak, kebutuhan pokok, produk kebersihan
seperti sabun mandi, sabun pencuci pakaian, desinfectan semua ada. Semua kualitas
produknya sudah terjamin, yang asyik bisa jajan produk unggulan dari penjuru
Nusantara ini. Mau wedang Dayak dari Kalimantan ada, mau sambal Roa dari
Sulawesi ada, mau abon kelapa dari Purbalingga ada. Mau selat solo , roti
bekatul dari Semarang semua ada dan tersedia. Mau aneka minuman segar dan alami
ada, mau jamu corona ada. Mau jaket anti corona sama masker dari NTT ada. Jadi
gabung disini menjadi marketer bisa beli dan cicipin makanan unggulan dari
seluruh Nusantara.
Ada kisah lucu dimana ada produk kopi Klasik Bean yang
merupakan kopi official Olimpiade Tokyo sekaligus kopi yang menjaga kelestarian
hutan masuk ke katalog, dengan sangat percaya diri aku menjual produk ini
meskipun bukan penggemar kopi. Kebetulan pembeli kopinya adalah penggemar berat kopi
dan banyak bertanya tentang kopi yang dijual dan tara berbekal katalog saja
ternyata tidak cukup. Pengalaman ini membuatku harus belajar paham mengenai
jenis kopi, bagaimana pengolahan biji kopi dan perbedaan rasa dari
masing-masing kopi. Asyiknya di WPC Mart ini begitu lapor tidak paham jenis
kopi, maka langsung ditraining oleh Ahli Kopi. Tambah ilmu berjualan, tambah
ilmu mengenai kopi.
WPC Mart ini benar-benar support baik produsen maupun
marketernya, semua dididik dan dilatih lewat zoom. Komunikasi berjalan di whatsapp
group, diajarkan pentingnya menggunakan whatsapp business. Ilmu menjual juga
diajarkan dimana harus soft selling dengan adanya story telling pada saat
menjual produk. Dari awal berdirinya WPC mart semua mandiri dari anggota
komunitas, semua saling support ,saling dukung memberikan masukan satu sama
lain sehingga semua semangat untuk memulihkan kondisi bisnis, tidak ada istilah
senior dan yunior semua saling belajar.
Saat menggembirakan adalah saat produsen yang kita
pasarkan menginformasikan bahwa foto produk yang diambil buat promosi dan
diikutkan untuk direview oleh Gubernur Jawa Tengah di “LapakGanjar” dan bahkan
sampai diendorse oleh artis Ari Lasso. Wow bangga pastilah produk teriGo dari
Blora diendorse artis terkenal dan bahkan Pak Ganjar ingat di salah satu
wawancaranya.
Ekosistem perlu dibangun agar UMKM kembali bangkit,
ekonomi masyarakat bisa dipulihkan dan resesi bisa dihindari dengan hanya
membeli produk lokal dan mendukung UMKM.
Ayo belanja produk berkualitas dari UMKM perempuan di
WPC Mart.
Mau gabung jadi marketer WPC Mart juga bisa ya bisa
hubungin WA 0812-9514-8664.
No comments:
Post a Comment