#IniUntukKita
WPC Mart ah Aku Padamu
Masih
cerita tentang WPC Mart , eh kamu sudah tahu kan ya kalau WPC Mart adalah
platform belanja online berbasis komunitas yang dimotori oleh Founder Women Preneur Community(WPC) Mami Irma Sustika. Di WPC Mart ini selain mendorong anggotanya pengusaha UMKM
wanita untuk terus aktif selama pandemic covid19 ini, juga mengajak semua
perempuan yang terkena efek pengurangan pendapatan selama covid19 ini untuk
berusaha maju pantang menyerah dengan kondisi yang ada.
WPC
Mart ini mulai beroperasi dari awal April 2020 ini , awalnya bertujuan agar
anggota komunitas WPC ini saling support dengan saling membeli hasil produk masing-masing.
Bukan saatnya buat mengasihani diri sendiri berpangku tangan hanya menyalahkan
keadaan. Namun saatnya bangkit bersama UMKM Indonesia membela negeri, terutama
UMKM perempuan.
Sebagai
founder E3 trip yang sedang mulai belajar berbisnis membuka usaha jasa organiser
craft trip yang menggabungkan tourism dengan pengalaman belajar craft langsung
terkena dampak secara langsung dengan adanya pandemic ini. Baru usaha mulai
jalan dengan aktif menggalang peserta dengan mengadakan workshop craft , sudah
menyiapkan project-project tetiba duar ada pandemic dimana yang ada slogan
#dirumahaja #Kamiantaruntukanda. Semua terkena efek jangankan mau memikirkan
trip ke mana, mau ke luar rumah saja tidak bisa. Kondisi ini membuat semangat
menurun, namun beruntung Mentor dari Cherie Blair Foundation(CBF) dan rekan-rekan
komunitas di WPC memberi support. Untuk bisa bertahan maka bergabung dengan WPC
Mart.
Awalnya
gabung di WPC Mart adalah untuk belanja kebutuhan diri sendiri dengan membantu #Beliprodukteman
#Belibrandlokal . Asyiknya segala ada di WPC Mart ini dari bahan makanan mentah
yang berkualitas, bahan makanan frozen, bahan pembersih dari pembersih lantai,
handsoap, pencuci piring sampai sanitizer ada, tidak ketinggalan fashion terutama
masker dan jaket anti corona. Pokoknya di WPC Mart sagala aya, semua ada, hati
senang segala kebutuhan tersedia dan yang pasti semua adalah hasil karya UMKM
perempuan yang sudah terkurasi dengan baik. Jadi belanja di WPC Mart yakin
kalau produknya pasti berkualitas .
Produk
yang ada bukan hanya dari satu daerah saja melainkan dari penjuru Nusantara
raya yang kaya akan kearifan lokalnya. Ah aku padamu lah WPC Mart mau merasakan
sambal roa khas Sulawesi ada , mau cicipin wedang Dayak dari Balikpapan ada. Dan
pastinya semua produknya unik khas dari daerah tersebut.
Pandemic
ini menimpa hampir semua orang dari semua kalangan, terutama pengrajin juga
terkena dampak. Para pengrajin besek dan sabut kelapa di Kebumen, dan Mama-mama
penenun dari NTT juga terkena dampak dan menghubungin WPC untuk membantu
menjualkan produk mereka. Produk mereka
besek , pot sabun kelapa dan masker tenun akhirnya menjadi salah satu
produk andalan di WPC Mart. Saling bantu saling support inilah yang diperlukan
saat ini. Jangan hanya berharap bantuan dari Pihak manapun apalagi cuma mengeluh
dan berkeluh-kesah harus dihindarkan. UMKM bisa mandiri kalau mau berusaha
dengan saling kolaborasi bekerja sama.
Produk
besek dan pot dari Kebumen ini merupakan best seller penjualan karena pot ini
ramah lingkungan dan bentuknya unik. Di saat kondisi pandemic dimana berkebun menjadi
salah satu kegiatan favorit selama WfH maka penjualan pot meningkat. Penjualan
besek sebagai kemasan ramah lingkungan menggantikan plastic, selain unik juga
ramah lingkungan.
Mama-mama
penenun dari NTT juga mulai produksi masker supaya bisa bertahan hidup, kondisi
saat ini mana ada yang mau beli kain tenun cantik berharga jutaan. Saatnya
mengubah diri belajar menjahit menggunakan kain tenunnya untuk menjadi masker
yang cantik, yang saat ini dimana kemanapun harus pakai masker, maka penjualan
masker bisa membantu bertahan dibandingkan hanya berdiam diri berkeras tidak
mau berubah.
Indonesia
ini unik dengan semua keanekaragamannya, saatnya menggunakan kearifan lokal ini
untuk dikenalkan ke dunia yang lebih luas.
WPC
Mart sangat mendukung marketernya untuk bisa menjual melalui desain katalog
digital dengan imooji.com, training lewat fBLive maupun via Zoom. Ah aku padamu
WPC Mart, jadi belajar banyak memasarkan produk dengan membagikan cerita
tentang produk yang kita jual.
Mari
dukung kearifan lokal ini dengan membeli produk UMKM dan pengrajin wanita
binaan dari WPC lewat WPC Mart . Katalognya bisa dilihat di bit.ly/WPCkatalogbelanja.
Mau gabung menjadi marketer WPC Mart juga bisa ya dengan klik http://wa.me/6281295148664.
No comments:
Post a Comment